Webinar Perkembangan Regulasi dan Penelitian Produk Rekyasa Genetik Indonesia

Perkembangan penelitian bioteknologi modern, salah satunya Produk Rekayasa Genetik (PRG) di dalam negeri sudah semakin banyak dan cepat. Di sisi lain, regulasi yang dibangun di Indonesia juga telah semakin lengkap sebagai upaya untuk menjamin keamanan hayati PRG dan penerapan prinsip kehati-hatian.

Komisi Kemanan Hayati PRG sampai saat ini telah bekerja dengan baik, dibantu Tim Teknis Keamanan Hayati PRG yang berkedudukan di BPOM, BB Biogen Kementan, dan KLHK.  Komisi Keamanan Hayati PRG akan menugaskan Tim Teknis Keamanan Hayati untuk melakukan kajian keamanan lingkungan PRG di KLHK, pakan PRG di BB Biogen Kementan dan pangan PRG di BPOM sebagai upaya penjaminan keamanan hayati dalam pemanfaatan PRG. Namun demikian, prosedur yang diatur dalam peraturan perundangan di Indonesia tersebut belum banyak dipahami oleh para pengembang dan peneliti bioteknologi modern di Indonesia. Oleh karena itu, mengingat perkembangan penelitian terkait PRG di Indonesia sudah semakin banyak baik yang dilakukan oleh perguruan tinggi maupun lembaga penelitian milik pemerintah, Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati selaku Sekretariat Komisi Keamanan Hayati PRG sekaligus sebagai Koordinator Tim Teknis Keamanan Hayati bidang Keamanan Lingkungan bermaksud mengadakan suatu Webinar dalam rangka sosialisasi PRG dengan melibatkan para peneliti dan para regulator terkait perkembangan regulasi dan penelitian PRG.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan perkembangan regulasi dan penelitian Produk Rekayasa Genetik di Indonesia kepada masyarakat luas, dengan harapan akan meningkatkan kesadaran semua pihak tentang manfaat dan tujuan pengembangan penelitian PRG di Indonesia sekaligus pentingnya mengimplementasikan pendekatan kehati-hatian dalam pengembangan PRG di Indonesia.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

41 − 38 =